Perancangan Media Promosi Dapur Rendang Uni Emi

Nama: Firman Hidayat

NIM: 09207818

Tahun: 2025

Rendang adalah makanan khas daerah Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat yang terbuat dari olahan pertanian atau peternakan yaitu daging. Rendang Uni Emi merupakan usaha kuliner lokal yang memiliki cita rasa otentik namun belum memanfaatkan strategi promosi digital secara optimal. Melalui pendekatan desain komunikasi visual, penelitian ini menciptakan berbagai media promosi seperti video audio visual, poster, brosur, X-banner, media sosial, dan merchandise untuk meningkatkan angka penjualan dan pembeda antara penjual lainnya, dengan gabungan antara video promosi yang menggugah selera dan desain kemasan yang menarik diharapkan meningkatkan kesadaran dan minat konsumen terhadap rendang Uni Emi.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media promosi yang efektif bagi Dapur Rendang Uni Emi di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Metode penciptaan melibatkan observasi langsung, wawancara, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi.

Hasil menunjukkan bahwa tampilan media promosi yang lebih modern, sinematik, dan menggugah selera dapat meningkatkan persepsi konsumen terhadap brand dan mendorong keputusan pembelian. Selain itu perancangan media ini mampu memperkuat citra rendang sebagai warisan kuliner Minangkabau dan mendukung pertumbuhan UMKM di era digital.